Pentingnya Pendidikan Madrasah DINIYAH untuk Membangun Etika dan Moral yang Baik

Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan cara mengungkapkan dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.

Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkwalitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan.

pendidikan formal disini adalah sekolah dan non formal adalah pendidikan keagamaan (madrasah diniyah). Madrasah Diniyah merupakan sebuah sekolahan non-formal yang berada dalam naungan atap kementrian agama yang mana sudah cukup lama dikenal sebagai institusi pendidikan keagamaan yang sangat unik dan khas Indonesia. Telah puluhan tahun lahir, tetapi ia masih eksis sampai hari ini, meski tanpa dukungan financial langsung dari negara/pemerintah sekalipun.

dalam hal ini saya tidak menyalahkan adanya pendidikan formal. jujur saya juga orang yang selalu menempuh pendidikan formal. tapi, jangan remehkan pendidikan non formal atau diniyah tersebut. silahkan kita tuntut anak kita untuk sekolah setinggi apapun. tapi tolong kita harus tutut mereka juga belajar agama sedalam mungkin.

sebab, Indonesia tidak hanya butuh orang yang cerdas, tapi juga orang yang berakhlaq mulia agar Indonesia maju dan sejahtera.

Sebagai Institusi Pendidikan Islam yang bersifat kerakyatan, peran Madrasah Diniyah dalam proses internalisasi ajaran-ajaran Islam dan tradisi-tradisi keagamaan dalam sebuah komunitas masyarakat muslim tidak dapat diabaikan begitu saja. Madrasah Diniyah memiliki signifikansi dalam melestarikan kontinuitas pendidikan Islam dan nilai moral etis keislaman bagi masyarakat. Peran Madrasah Diniyah ini tidak layak diabaikan begitu saja ketika melihat kualitas dari Madrasah Diniyah yang tidak sedikit guna memenuhi kebutuhan pendidikan agama islam bagi anak-anak terutama yang masih menginjakan kakinya disekolah pendidikan dasar.

Dengan seiringnya perkembangan zaman yang semakin hilangnya akhlak-akhlak dan moral-moral anak bangsa ini, Madrasah Diniyah diharapkan mampu membenahi dan mampu mengembalikan keadaan bangsa yang memiliki generasi-generasi dan insan-insan yang berprilaku baik dan didalamnya terdapat akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur.

Oleh karena pentingnya pendidikan agama islam, Madrasah Diniyah diharapkan mampu menanggapi dan menyelesaikan polemik-polemik tersebut. Dengan kata lain, diharapkan lembaga pendidikan non-formal ini dapat menarik banyak anak bangsa dan menanamkan nilai-nilai akhalkul karimah dan budi pekerti yang luhur. Maka perlu kiranya pendidikan Madrasah Diniyah ini dilestarikan dan dibudayakan dalam kehidupan dimasyarakat, dan perlu kiranya perhatian dari pemerintah sehingga masyarakat akan merasa butuh dan ingin untuk memasukan putra-putrinya kelembaga pendidikan agama khususnya Madrasah Diniyah. Dengan hal seperti itu, mudah-mudahan terbentuklah generasi-generasi dan anak-anak yang shalihin-shalihat , generasi yang pelopor bukan pengekor, generasi yang pengais bukan pengemis, generasi yang perintis bukan pewaris, generasi yang berkarakter, generasi yang beradab dengan mempunyai akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur, generasi yang cerdas dan dibekali dengan pendidikan agama sehingga terbentuklah generasi dan anak-anak yang bertakwa kepada Allah SWT.

Dalam pendidikan madin banyaklah manfaat dari Madrasah Diniyah Amat tidak sedikit, mungkin tidak bisa disebutkan. Lantaran seyogyanya setiap orang yng mengikuti Majelis Taklim pasti akan menemukan manfaatnya. Malah Allah SWT sendiri akan mengangkat derajat orang mencari ilmu. Baik, kita pahami saja 3 Manfa Baik, kita pahami saja 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Anak yng akan saya jelaskan yang akan di sajikan kali ini. Apa sajakan 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Anak itu ?

1. Anak Mendapkatkan Ilmu Pengetahuan Islam

Yng pertama adalah memperoleh ilmu pengetahuan Islam. Tentu dalam setiap pendidikan kita akan memperoleh ilmu. Nah dalam Madrasah Diniyah Takmiliyah sendiri ilmu yng didapatkan mayoritasnya merupakan Ilmu Pengetahuan Islam. Jadi anak akan mengetahui serta memahami aneka macam ilmu pengetahuan Islam, dari mulai qur’an hadits, bahasa arab, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak, serta masih tidak sedikit lagi.

2. Menjadikan Anak Disiplin

Fiqih adalah pelajaran yng berisi tetang syariat Islam yng mebahasa hukum aneka macam masalah ke hidup-an kita-kita. Dalam fiqih sendiri terdapat materi tetnang ibadah, lebih-lebih Shalat. Shalat sendiri adalah Ibadah umuat Islam yng Amat penuh yang dengannya kedisiplinan, mungkin ini lebih Perlu disiplin dibandingkan latihan militer. Dalam Shalat bisa kita ambil aneka macam semisal sikap disiplin semisal dalam disiplin waktu, dalam shalat kita tak boleh telat dalam melaksanakannya Perlu disiplin sesuai waktu yng telah ditentukan. Nah dari satu dari sekian banyaknya semisal yang telah di sebutkan, andai anak kita mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah serta mengkaji ilmu ihwal shalat yng ada di Madrasah Diniyah Takmiliyah, anak akan mesugesti dari tiap materi disampaikan menjadikan anak akan mempunyai sikap disiplin.

3. Menjadikan Anak Berakhlak Mulia

Mampu kita lihat sendiri di zaman saat ini, ramai sekali anak-anak yng tak mempunyai akhlak serta tidak sedikit anak-anak yng bertindak tak senonoh. Itu seluruh lantaran minimnya pendidikan akhlak kepada anak itu sendiri. Amat disayangkan andai masih dimasa kanak-kanak, orang-orang telah mampu berbuat tak senonoh, bagaimana andai orang-orang dewasa kelak.

Itulah Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Anak. Mungkin itu cuma satu dari sekian banyaknya dari ribuan manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Setelah ulasan di atas maka kita harus memperhatikan keadan yang telah ada sebagai orang yang bijaksana maka kita bisa mempertimbangkan antara pendidikan formal dan non formal,di dalam kita hidup pendidikan formal sangatlah penting bagi kelangsungan hidup dan pendidikan non formal (Madrasah Diniyah)juga tidak kalah penting untuk bekal di ahirat nanti.